Walau Dekat, 4 Hal Ini Tidak Boleh Diceritakan kepada Rekan Kerja!
Gita Welastiningtias | Beautynesia
Rabu, 27 Nov 2024 20:30 WIB
Hal yang tidak boleh diceritakan kepada rekan kerja/Foto: Pexels/Alexander Suhorucov
Bergaul dengan rekan kerja adalah hal yang perlu dilakukan sebagai makhluk sosial karena manusia tidak bisa hidup sendiri. Walau demikian, tetap ada beberapa hal yang tidak boleh dibicarakan dengan rekan kerja walaupun dekat.
Jika ingin membicarakan sesuatu dengan rekan kerja sebaiknya membicarakan hal-hal menyenangkan saja, tanpa perlu membahas beberapa hal yang sensitif. Sebaiknya pikirkan sebelum membicarakan sesuatu dengan orang lain.
Di bawah ini ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dibicarakan kepada rekan kerja walaupun sangat dekat. Simak!
1. Masalah Pribadi
Masalah pribadi/Foto: pexels/Helena Lopes
Saat kamu memiliki masalah dengan keluarga, seperti saudara yang suka menjelek-jelekkan dirimu. Sebaiknya masalah seperti ini tidak perlu diceritakan dengan rekan kerja walaupun dekat.
Khawatirnya, jika berbagi masalah pribadi akan menjadi bahan pembicaraan di tempat kerja. Atasan Beauties mungkin akan menanyakan kemampuanmu apakah bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik atau tidak. Sebaiknya kamu menahan diri untuk tidak membagikan sesuatu yang pribadi di lingkungan kerja.
2. Kondisi Keuangan
Kondisi keuangan/Foto: pexels/Fauxels
Mengutip Resume Perk, hal yang tidak boleh diceritakan kepada rekan kerja berikutnya adalah kondisi keuangan. Jika Beauties mendapatkan penghasilan lebih besar dari rekan kerja padahal sama-sama sudah bekerja empat tahun, hal tersebut bisa memicu konflik.
Selain itu, masalah keuangan adalah persoalan sensitif sehingga sebaiknya tidak diceritakan kepada orang lain. Tidak hanya itu, kamu sebaiknya juga tidak meminjam uang kepada rekan kerja karena bisa menimbulkan perasaan kurang nyaman.
3. Menyebarkan Rumor
Menyebarkan rumor/Foto: pexels/Fauxels
Berbincang dengan rekan kerja di waktu istirahat adalah hal yang perlu dilakukan untuk mempererat hubungan pertemanan. Tetapi sebaiknya, Beauties tidak menyebarkan rumor yang belum tentu benar.
Komentar kurang baik tentang orang lain akan membuatmu tampak buruk di mata rekan kerja.
4. Tidak Sering Mengeluh
Tidak sering mengeluh/Foto: pexels/Christina Morillo
Semua orang pasti merasa lelah, namun sebaiknya untukmu tidak sering mengeluh kepada rekan kerja. Mengeluh tentang betapa lelah dan stresnya terhadap pekerjaan karena masalah pribadi bisa berdampak buruk.
Salah satunya, atasan akan merasa bahwa Beauties tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Tidak apa-apa jika sekadar berkata bahwa merasa lelah namun jangan terlalu sering.
Keempat hal di atas sebaiknya tidak diceritakan kepada rekan kerja karena bisa menimbulkan persepsi yang berbeda. Atasan akan mengira Beauties bukan orang yang kompeten untuk menyelesaikan pekerjaan.
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!
(ria/ria)
Komentar
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.